Manfaat Membaca Al Quran Bagi Pelajar

Tidak hanya sekadar membaca saja, tetapi juga mengamalkan isinya dalam kehidupan sehari-hari. Namun, saat membaca Al-Quran, apakah kita sudah melakukan etikanya secara benar?

Lalu, apa saja ya manfaat etika dari membaca kitab suci tersebut? Berdasarkan sabda Rasulullah SAW tersebut, jelas bahwa membaca Al-Quran merupakan ibadah wajib dan sangat disenangi oleh Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda, “Ada tiga orang yang pada hari kiamat berada di atas bukit pasir dari kesturi hitam tanpa disentuh ketakutan dan tidak dikenal penghisaban hingga penghisaban kepada semua manusia selesai. Pertama, orang yang membaca Al-Quran karena mengharapkan ridha dari Allah Azza wa Jalla.

Berdasarkan sabda Rasulullah SAW tersebut, dapat dikatakan bahwa seseorang yang selalu membaca Al-Quran dengan mengharapkan ridha dari Allah SWT maka kelak saat hari kiamat akan diselamatkan dari hari penghisaban. Berdasarkan sabda Rasulullah SAW yang berkata “Ahli Al-Quran adalah keluarga dan kepercayaan Allah”.

Ahmad bin Hanbal berkata, “Saya bermimpi melihat Allah Azza wa Jalla. Membaca kitab suci Al-Quran membuat perasaan, hati, dan pikiran kita menjadi tenteram. Imam Al-Suyuthi, dalam Al-Itqan, berpendapat mengenai adanya dua puluh lima keistimewaan yang ada di sebuah kitab suci Al-Quran. Tak hanya itu, Thalhah bin Mushrif berkata “Jika Al-Quran dibacakan kepada orang yang sakit, sakitnya akan terasa ringan.”

Setan atau jin merupakan makhluk Allah yang senantiasa akan mengganggu keimanan kita. Abu Hurairah meriwayatkan bahwa “Jin pernah berkata kepadaku, ‘Jika kamu hendak tidur, bacalah ayat Al-Kursi.

Dengan demikian, kamu akan senantiasa dalam lindungan Allah dan setan tidak dapat mendekat kepadamu hingga subuh.”

Selain itu, Abu Hurairah juga meriwayatkan sabda Rasulullah SAW mengenai rumah yang tidak akan dimasuki oleh setan apabila kita rajin membaca Al-Quran, yakni “Rumah yang dibacakan surah Al-Baqarah tidak akan dimasuki setan.” (HR Al-Tirmidzi)

Bahkan, ayat yang terkandung di dalam kitab suci Al-Quran juga dapat menjadi penangkal sihir atau kejahatan setan lainnya. Manfaat dari membaca kitab suci Al-Quran selanjutnya adalah kita sebagai makhluk Allah akan selalu memperoleh perlindungan dari-Nya.

Barang siapa membacanya pada pagi hari, ia terlindungi hingga sore hari.” (HR Al-Tirmidzi) Entah merasa was-was atau berpikir seolah akan ada hal yang tidak menyenangkan terjadi. Nah, supaya perasaan tersebut hilang, ada baiknya kita membaca kitab suci Al-Quran. Ibn Mas’Ud berkata, “Jika kalian menginginkan ilmu pengetahuan, kaji dan pahamilah Al-Quran karena di dalamnya terdapat pengetahuan orang-orang dari generasi dahulu dan generasi yang akan datang.” Terkadang Allah SWT memang menghancurkan rencanamu supaya rencana yang telah kamu buat itu tidak menghancurkanmu di kemudian hari. Sa’ad bin Abi Waqqash meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Doa Dzun Nun (Nabi Yunus AS) ketika berada di dalam ikan paus adalah, ‘La ilaha illa Anta, subhanaka inni kuntu minazh-zhalimin, tiada Tuhan selain Engkau, Mahasuci Engkau.

Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang menganiaya diri sendiri.’ Jika seorang Muslim berdoa dengan ini untuk memohon sesuatu, Allah pasti mengabulkannya.” (HR Al-Tirmidzi dalam Al-Hakim) Grameds~ apakah kamu tahu etika apa saja yang harus dilakukan saat membaca Al-Quran? Tidak lupa untuk melafalkan doa berikut, secara lisan atau dalam batin.

Aku memohon ampunan kepada Allah Yang Mahahidup dan Maha Berdiri sendiri).

Abu Mulaikah meriwayatkan bahwa Ya’la bin Malik bertanya kepada Ummu Salamah mengenai bagaimana cara Rasulullah SAW membaca kitab suci Al-Quran. Abu Mulaikah juga meriwayatkan bahwa Ummu Salamah berkata, ‘Rasulullah SAW kadang-kadang menghentikan bacaannya dan membaca Alhamdu lillahi rabbil-alamin, lalu berhenti dan membaca Al-rahman al-rahim, lalu berhenti.

Qatadah meriwayatkan bahwa Anas pernah ditanya, “Bagaimana cara Rasulullah SAW membaca Al-Quran?” Hudzaifah meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, “Bacalah Al-Quran dengan dialek dan bunyi bahasa Arab.

Thawus meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW ditanya, mengenai siapakah orang yang suara dan bacaannya paling baik dalam membaca Al-Quran?

Karena dengan membaca, mempelajari, dan mengajarkan Al-Quran, kamu akan menjadi manusia yang paling disayang oleh Allah SWT.

Sebuah hadist menyatakan bahwa “Sebaik-baiknya kalian adalah orang yang mempelajari Al-Quran dan mengajarkannya” (HR. Dan perumpamaan orang munafik yang membaca Al-Quran seperti buah raihan, baunya enak tapi rasanya pahit.

Kita pasti tahu bahwa dalam kitab suci Al-Quran berisi bahasa Arab. Apakah kamu tahu bahwa dengan mendengarkan lantunan ayat suci Al-Quran, tekanan darah kita dapat turun? Allah menjanjikan pahala berlipat bagi yang membaca dan mendengarkan ayat suci Al-Quran. Pada masa khalifah Al-Makmun, sempat dilakukan pengukuran luas bumi dengan sangat teliti.

Mengapa Kita Harus Belajar Alquran

Sebaliknya, keutamaan yang dijanjikan al-Qur’an tidak mungkin diraih apabila kita jauh darinya. Namun demikian, keterbatasan panca indra dan akal menjadikan sekian banyak tanda tanya yang munculdalam benaknya tidak dapat terjawab. Salah satu ilmuan yakni Mahmud Syaltut menyatakan bahwa, “Agama adalah ketetapan-ketetapan Ilahi yang diwahyukan kepada nabinya untuk dijadikan pedoman manusia”. Hidup manusia bagaikan lalu lintas, masing-masing ingin berjalan selamat sekaligus cepat sampai tujuan. Namun karena kepentingan mereka berbeda-beda, maka apabila tidak ada peraturan lalu lintas kehidupan pasti akan terjadi berantakan. al-Qamar: 22) Rasulullah SAW bersabda yang artinya : “Sesungguhnya Allah dengan al-Qur’an ini akan mengangkat atau meninggikan (derajat) beberapa kaum (bangsa), dan sebaliknya akan merendahkan atau menjatuhkan (derajat) kaum-kaum (bangsa) yang lain” (HR.

Ad-Darimi dari Umar r.a) Dari beberapa ayat dan hadits diatas hasilnya sudah terbukti, bahwa banyak orang yang berilmu terangkat derajatnya semasa di dunia, terlebih lagi bagi orang yang berilmu dengan meyakini serta mengamalkan bahwasannya semua ilmu memang bersumber dan sudah terbukti keotentikan al-Qur’an. Setelah itu ia menyibukkan diri untuk mengajarkan kepada manusia selama 40 tahun di masjid Kuffah. Salah satu firman Allah swt : إِنْ هُوَ إِلا ذِكْرٌ وَقُرْآنٌ مُبِينٌ “al-Qur’an itu tidak lain hanyalah pelajaran dan kisah yang jelas”. Hendaknya kita mengetahui bahwa ia diturunkan tiga tujuan mulia yaitu tilawah, tadabbur dan amal. Karena al-Qur’an mempunyai beberapa manfaat seperti terkumpulnya pahala, syafaat di hari kiamat, sebagai kebaikan bagi si pembaca, sebagai obat hati dan jiwa, dan masih banyak lagi manfaat yang lainnya.

13 Keutamaan Membaca Al-Qur’an Setiap Hari, Penuh Keberkahan

Dijelaskan, keutamaan membaca Al-Qur’an setiap hari bisa menjadikan suasana sekitar menjadi lebih damai, tenang dan penuh dengan keberkahan. Keutamaan membaca Al-Qur’an setiap hari adalah akan memberikan derajat dan wibawa lebih baik bagi pembacanya. Kondisi ini dapat membuat seseorang menjadi lebih disayangi, dihormati, dan dihargai banyak orang. Keutamaan membaca Al-Qur’an setiap hari adalah bisa menjadikan seseorang memperoleh rahmat dan lindungan dari para malaikat. “Bacalah bait Al-Qur’an karena sesuyngguhnya pada hari kiamat nanti akan datng memberikan syafaat yang baik kepada pembacanya.” (HR. “Sebaik baiknya manusia adalah yang membaca dan mempelajari Al-Qur’an serta mengajarkannya pada orang lain.” (HR.Bukhari)

Selain itu, dijelaskan keutamaan membaca Al-Qur’an setiap hari bisa meningkatkan rasa cinta terhadap Allah SWT, semua nabi dan rasul serta para malaikat-Nya. Keutamaan membaca Al-Qur’an setiap hari ini ditegaskan Allah SWT dalam surat ar-Ra’d ayat 28:

Ajaib! Inilah Dampak Membaca Al Quran Bagi Pelajar. Kamu Harus Coba!

Gurusiana adalah paltform blogging yang dikhususkan untuk kalangan Guru, Dosen ataupun Pengajar Non Gelar Lainnya.

7 Manfaat Membaca Alquran Bagi Anak Usia Dini

Kebiasaan membaca Alquran pada anak-anak harus dimulai sedini mungkin sehingga bisa memberikan manfaat di hari kemudian. Sebagai orang tua, memiliki kewajiban dan tanggung jawab untuk memberikan bekal ilmu kepada anak, baik dunia maupun akhirat.

Belajar tentang ilmu agama, termasuk membaca Alquran, merupakan hal utama yang perlu diajarkan kepada anak sejak kecil.

Tidak terkecuali untuk anak-anak, ada banyak sekali keutamaan membaca Alquran yang didapatkan seperti berikut ini. Apabila anak mengenal Islam di usia dini, untuk waktu selanjutnya mereka akan mengisi kehidupan dengan hal-hal yang positif. Terlagi melalui membaca Alquran manusia akan diberikan petunjuk oleh Allah untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

Ternyata manfaat membaca Alquran juga didapatkan dalam hal spiritual, karena dapat memberikan kedamaian pada pikiran seseorang. Rasulullah SAW pernah bersabda dalam hadist bahwa orang yang senantiasa membaca Alquran dengan tujuan memperoleh ridho Allah SWT, maka di hari akhir kelak akan selamat dari hisab.

Artinya, manfaat membaca Alquran ternyata dapat menyelamatkan setiap orang dari hari penghitungan amal di akhirat.

Baik orang itu memahami isi Alquran maupun tanpa memahaminya, Allah tetap memberikan keberkahan yang tak terhitung. Segala jenis ilmu pengetahuan dari dulu hingga sekarang sudah tertulis lengkap di dalam kitab suci Alquran. Oleh karena itu, apabila ingin doa-doa yang dipanjatkan kepada Allah mudah didengar dan dikabulkan, senantiasa membaca Alquran.

Silakan kunjungi Living Quran untuk mendapatkan info lebih lanjut terkait dengan kelas belajar Alquran bagi anak-anak.

10 Manfaat Membaca Al-Quran, Banyak Fadhilahnya!

Tidak hanya sekadar membaca saja, tetapi juga mengamalkan isinya dalam kehidupan sehari-hari. Namun, saat membaca Al-Quran, apakah kita sudah melakukan etikanya secara benar? Lalu, apa saja ya manfaat etika dari membaca kitab suci tersebut? Berdasarkan sabda Rasulullah SAW tersebut, jelas bahwa membaca Al-Quran merupakan ibadah wajib dan sangat disenangi oleh Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda, “Ada tiga orang yang pada hari kiamat berada di atas bukit pasir dari kesturi hitam tanpa disentuh ketakutan dan tidak dikenal penghisaban hingga penghisaban kepada semua manusia selesai. Pertama, orang yang membaca Al-Quran karena mengharapkan ridha dari Allah Azza wa Jalla.

Berdasarkan sabda Rasulullah SAW tersebut, dapat dikatakan bahwa seseorang yang selalu membaca Al-Quran dengan mengharapkan ridha dari Allah SWT maka kelak saat hari kiamat akan diselamatkan dari hari penghisaban. Berdasarkan sabda Rasulullah SAW yang berkata “Ahli Al-Quran adalah keluarga dan kepercayaan Allah”.

Ahmad bin Hanbal berkata, “Saya bermimpi melihat Allah Azza wa Jalla. Membaca kitab suci Al-Quran membuat perasaan, hati, dan pikiran kita menjadi tenteram.

Imam Al-Suyuthi, dalam Al-Itqan, berpendapat mengenai adanya dua puluh lima keistimewaan yang ada di sebuah kitab suci Al-Quran. Tak hanya itu, Thalhah bin Mushrif berkata “Jika Al-Quran dibacakan kepada orang yang sakit, sakitnya akan terasa ringan.”

Setan atau jin merupakan makhluk Allah yang senantiasa akan mengganggu keimanan kita. Abu Hurairah meriwayatkan bahwa “Jin pernah berkata kepadaku, ‘Jika kamu hendak tidur, bacalah ayat Al-Kursi.

Dengan demikian, kamu akan senantiasa dalam lindungan Allah dan setan tidak dapat mendekat kepadamu hingga subuh.”

Selain itu, Abu Hurairah juga meriwayatkan sabda Rasulullah SAW mengenai rumah yang tidak akan dimasuki oleh setan apabila kita rajin membaca Al-Quran, yakni “Rumah yang dibacakan surah Al-Baqarah tidak akan dimasuki setan.” (HR Al-Tirmidzi)

Bahkan, ayat yang terkandung di dalam kitab suci Al-Quran juga dapat menjadi penangkal sihir atau kejahatan setan lainnya. Manfaat dari membaca kitab suci Al-Quran selanjutnya adalah kita sebagai makhluk Allah akan selalu memperoleh perlindungan dari-Nya.

Barang siapa membacanya pada pagi hari, ia terlindungi hingga sore hari.” (HR Al-Tirmidzi) Entah merasa was-was atau berpikir seolah akan ada hal yang tidak menyenangkan terjadi.

Nah, supaya perasaan tersebut hilang, ada baiknya kita membaca kitab suci Al-Quran. Ibn Mas’Ud berkata, “Jika kalian menginginkan ilmu pengetahuan, kaji dan pahamilah Al-Quran karena di dalamnya terdapat pengetahuan orang-orang dari generasi dahulu dan generasi yang akan datang.” Terkadang Allah SWT memang menghancurkan rencanamu supaya rencana yang telah kamu buat itu tidak menghancurkanmu di kemudian hari. Sa’ad bin Abi Waqqash meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Doa Dzun Nun (Nabi Yunus AS) ketika berada di dalam ikan paus adalah, ‘La ilaha illa Anta, subhanaka inni kuntu minazh-zhalimin, tiada Tuhan selain Engkau, Mahasuci Engkau.

Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang menganiaya diri sendiri.’ Jika seorang Muslim berdoa dengan ini untuk memohon sesuatu, Allah pasti mengabulkannya.” (HR Al-Tirmidzi dalam Al-Hakim) Grameds~ apakah kamu tahu etika apa saja yang harus dilakukan saat membaca Al-Quran? Tidak lupa untuk melafalkan doa berikut, secara lisan atau dalam batin.

Aku memohon ampunan kepada Allah Yang Mahahidup dan Maha Berdiri sendiri).

Abu Mulaikah meriwayatkan bahwa Ya’la bin Malik bertanya kepada Ummu Salamah mengenai bagaimana cara Rasulullah SAW membaca kitab suci Al-Quran. Abu Mulaikah juga meriwayatkan bahwa Ummu Salamah berkata, ‘Rasulullah SAW kadang-kadang menghentikan bacaannya dan membaca Alhamdu lillahi rabbil-alamin, lalu berhenti dan membaca Al-rahman al-rahim, lalu berhenti.

Qatadah meriwayatkan bahwa Anas pernah ditanya, “Bagaimana cara Rasulullah SAW membaca Al-Quran?” Hudzaifah meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, “Bacalah Al-Quran dengan dialek dan bunyi bahasa Arab.

Thawus meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW ditanya, mengenai siapakah orang yang suara dan bacaannya paling baik dalam membaca Al-Quran?

Karena dengan membaca, mempelajari, dan mengajarkan Al-Quran, kamu akan menjadi manusia yang paling disayang oleh Allah SWT. Sebuah hadist menyatakan bahwa “Sebaik-baiknya kalian adalah orang yang mempelajari Al-Quran dan mengajarkannya” (HR. Dan perumpamaan orang munafik yang membaca Al-Quran seperti buah raihan, baunya enak tapi rasanya pahit.

Kita pasti tahu bahwa dalam kitab suci Al-Quran berisi bahasa Arab. Apakah kamu tahu bahwa dengan mendengarkan lantunan ayat suci Al-Quran, tekanan darah kita dapat turun?

Allah menjanjikan pahala berlipat bagi yang membaca dan mendengarkan ayat suci Al-Quran. Pada masa khalifah Al-Makmun, sempat dilakukan pengukuran luas bumi dengan sangat teliti.

13 Keutamaan Membaca Al-Qur’an Setiap Hari, Penuh Keberkahan

Dijelaskan, keutamaan membaca Al-Qur’an setiap hari bisa menjadikan suasana sekitar menjadi lebih damai, tenang dan penuh dengan keberkahan. Keutamaan membaca Al-Qur’an setiap hari adalah akan memberikan derajat dan wibawa lebih baik bagi pembacanya. Kondisi ini dapat membuat seseorang menjadi lebih disayangi, dihormati, dan dihargai banyak orang. Keutamaan membaca Al-Qur’an setiap hari adalah bisa menjadikan seseorang memperoleh rahmat dan lindungan dari para malaikat.

“Bacalah bait Al-Qur’an karena sesuyngguhnya pada hari kiamat nanti akan datng memberikan syafaat yang baik kepada pembacanya.” (HR. “Sebaik baiknya manusia adalah yang membaca dan mempelajari Al-Qur’an serta mengajarkannya pada orang lain.” (HR.Bukhari)

Selain itu, dijelaskan keutamaan membaca Al-Qur’an setiap hari bisa meningkatkan rasa cinta terhadap Allah SWT, semua nabi dan rasul serta para malaikat-Nya. Keutamaan membaca Al-Qur’an setiap hari ini ditegaskan Allah SWT dalam surat ar-Ra’d ayat 28:

10 Manfaat Membaca Alquran di Rumah yang Perlu Diketahui

Namun, jika Parents membiasakan keluarga untuk membaca Alquran adalah hal baik yang akan membawa manfaat di kemudian hari. Kitab suci umat Islam ini memiliki banyak sekali manfaat yang tak terhingga jika dibaca dan diamalkan dengan baik. Pelajaran agama, salah satunya membaca Alquran adalah hal yang penting untuk diajarkan kepada si kecil.

Berikut adalah 10 manfaat yang bisa diperoleh jika kita rutin membaca Alquran selama hidup.

Oleh karena itu, marilah mulai untuk rutin membaca Alquran bersama dengan keluarga di rumah. Alquran tertulis dalam bahasa Arab yang rumit dan diperlukan kecerdasan tinggi untuk dapat memahaminya.

Dalam sebuah hadits yang shahih, Rasulullah bersabda bahwa hendaknya kita jangan menjadikan rumah seperti kuburan, yakni tidak pernah mengerjakan shalat dan membaca Alquran di dalamnya. Beliau menyebut bahwa sesungguhnya setan akan lari dari rumah yang dibacakan surat Al Baqarah.

Melantunkan ayat suci Alquran dipercaya sebagai salah satu bentuk terapi untuk melembutkan serta menentramkan hati.

Hanya dengan mengingat Allah melalui membaca ayat-ayat Al-Quran, hati pun akan menjadi tentram dan damai.

Bila ditanya sebutkan manfaat bagi orang-orang yang istiqomah membaca alquran, jawabannya ialah mendapat syafaat di hari kiamat. Kebaikan dan kemuliaan yang didatangkan dengan cara membaca Alquran sangatlah tidak terbayangkan oleh manusia.

Dalam hadits riwayat Muslim, dikatakan bahwa membaca bait Alquran sesungguhnya akan memberikan syafaat yang baik kepada pembacanya pada hari kiamat nanti. Semoga bisa menjadi motivasi untuk kita semua agar rajin membaca Alquran serta mengamalkan isinya dengan sungguh-sungguh sepenuh hati.

Keutamaan Mempelajari dan Menghafalkan Al Qur’an

Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara Malaikat Jibril. Berdasarkan hadis riwayat Bukhari, dari Ustman, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Sebaik-baiknya manusia di antara kamu adalah yang mempelajari Al-Qur’an dan mengamalkannya.” Dari hadis tersebut, diketahui bahwa Al-Qur’an mengandung kebaikan bagi umat Islam. Seperti hadis riwayat dari Tirmidzi bahwa: “Barang siapa yang membaca satu huruf saja dari kitabullah maka seseorang akan mendapatkan kebaikan satu kali, tetapi setiap kebaikan akan dibalas dengan sepuluh kalinya.” Memberikat Derajat dan Wibawa.

Allah SWT juga akan mengangkat kehormatan orang tua dari anak-anaknya yang menghafal Al-Qur’an. Allah akan menjaga jasad para penghafal Al-Qur’an tetap utuh dalam kubur hingga hari kiamat tiba. Bagi seseorang yang rajin dan membiasakan diri untuk membaca Al-Qur’an maka Allah SWT akan melindunginya dari segala penyakit.

Written by Albara

Jadilah yang terbaik di mata Allah,
Jadilah yang terburuk di mata sendiri,
Jadilah sederhana di mata manusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagaimana Niat Puasa Qadha Sekaligus Puasa Senin Kamis

Nama Doa Untuk Kedua Orang Tua