Cara Sholat Posisi Duduk

Pasalnya, menunaikan shalat fardhu atau lima waktu wajib hukumnya bagi setiap individu muslim. Terlebih, islam memberikan berbagai kelonggaran-kelonggaran jika memang terdapat kesulitan tertentu dalam pelaksanaannya. Bagi orang yang memiliki keterbatasan, dalam hal ini adalah udzur syar’i seperti mengalami lumpuh atau udzur hissi contohnya jika shalat berdiri akan menyebabkan sakitnya lebih parah, maka diberikan kelonggaran untuk shalat dengan cara duduk. Namun jika tidak memungkinkan, misalnya pada wanita hamil, maka diizinkan untuk duduk dengan menyelonjorkan kaki.

Saat ruku, pastikan posisi badan membungkuk hingga dahi lurus di depan lutut. Namun untuk yang memiliki keterbatasan tertentu, gerakan itu boleh dilakukan semampunya.

Yaitu dengan cara membungkukkan badan sehingga dahi menempel di tempat sujud.

Tata Cara Shalat Duduk Bagi Orang Sakit Sesuai Sunnah

Menjalankan shalat fardhu lima waktu merupakan kewajiban tiap Muslim yang sudah baligh dan berakal. Kewajiban shalat lima waktu itu juga berlaku atau tanpa pengecualian bagi mereka yang sedang sakit, ibu hamil maupun orang lanjut usia. Bagi orang yang udzur syar’i seperti lumpuh maupun udzur hissi misalnya jika shalat dengan berdiri akan menyebabkan sakitnya lebih parah dibolehkan untuk shalat dengan duduk. Saat ruku, posisi badan membungkuk sampai dahi lurus di depan lutut.

Tata Cara Sholat Sambil Duduk, Bisa Dikerjakan Saat Sakit

Liputan6.com, Jakarta Orang yang sedang sakit sehingga tidak mampu berdiri dapat melaksanakan sholat dengan duduk sesuai petunjuk Nabi Muhammad SAW:

Tata Cara Sholat Duduk Bagi yang Sakit dan Tidak Mampu Berdiri

Caranya sama dengan sholat umumnya dalam hal bacaan, perbedaannya ada pada beberapa gerakan saja.

Written by Albara

Jadilah yang terbaik di mata Allah,
Jadilah yang terburuk di mata sendiri,
Jadilah sederhana di mata manusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cara Sholat 4 Rakaat Selepas Isya

Doa Saat Wukuf Di Arafah