Hukum Puasa Ramadhan Adalah Fardhu Ain Berarti Wajib Bagi

Menurut buku ‘Akhlaqul Karimah’ oleh Hamka, Fardhu kifayah adalah tugas kewajiban bersama. Tegasnya, masyarakat berdosa jika tidak seorang juga pun yang memulai mengambil inisiatif untuk mengerjakan amalan tersebut.

Artinya: “Barangsiapa yang menyaksikan jenazah sampai ia menyolatkannya, maka baginya satu qiroth. Lalu barangsiapa yang menyaksikan jenazah hingga dimakamkan, maka baginya dua qiroth.” “Bertakwalah kepada Tuhanmu (Allah), tegakkan shalat lima waktumu, berpuasalah di bulanmu (ramadan), tunaikanlah zakat harta-hartamu, dan taatilah para pemimpinmu, niscaya kalian semua akan masuk ke dalam surga Tuhanmu.”

Harus Tahu! Ini Macam-Macam Puasa Sunnah dan Wajib

Dalam pengertiannya, puasa ialah menahan diri dari makan, minum, berhubungan suami-istri dan lain sebagainya yang dapat membatalkan puasa sejak terbit matahari hingga terbenamnya matahari. Firman Allah SWT tentang dalil hukum puasa terdapat dalam surah Al-Baqarah ayat 183 yang berbunyi sebagai berikut: Melansir pada buku Dahsyatnya Puasa Wajib & Sunah oleh Akhyar As-Shiddiq Muhsin, Lc. Dan Dahlan Harnawisastra, Lc, terdapat rukun puasa yang terdiri dari beberapa hal, yakni:

Menahan diri untuk tidak membatalkan puasa sebelum waktu berbuka termasuk dalam rukun Islam. Niat merupakan salah satu rukun dari setiap ibadah, baik wajib maupun sunah. Sebagaimana yang dijelaskan dalam surah Al-A’raf ayat 31 sebagai berikut: Rasulullah SAW sangat menganjurkan kepada umatnya untuk memperbanyak amal kebaikan selama menjalankan puasa. Amal kebaikan yang dimaksud misalnya adalah melaksanakan sholat lima waktu berjamaah, mengeluarkan sebagian harta benda kepada orang yang berhak menerimanya, dan memperbanyak sholat sunah, membaca dan membaca kitab Al-Qur’an. Imam Abu Daud meriwayatkan hadis dari Ibnu Umar ra yang berkata bahwa apabila Nabi SAW berbuka puasa, beliau mengucapkan, “Telah hilang dahaga, urat-urat pun menjadi basah dan pahala pun pasti, Insya Allah.”

Salah satu pelanggaran yang menyebabkan dilakukannya puasa kifarat adalah tidak memenuhi nazar, apabila ketentuan lain tidak dapat dilaksanakan, maka berpuasa selama tiga hari. Arti sunnah dalam istilah agama adalah puasa yang jika dilakukan oleh orang yang sudah baligh akan menimbulkan pahala, tetapi jika tidak dikerjakan maka tidak akan mendapat dosa, Macam-macam puasa sunah adalah:

Istilah Tarwiyah sendiri berasal dari kata tarawwa yang berarti membawa bekal air. Hal tersebut karena pada hari itu, para jamaah haji membawa banyak bekal air zam-zam untuk persiapan arafah dan menuju Mina. Namun, puasa yang paling utama adalah pada hari Asyura, yakni tanggal 10 bulan Muharram.

Umat Islam disunnahkan untuk berpuasa minimal tiga kali dalam sebulan.

Pada bulan Syaban, dianjurkan agar umat Islam mencari pahala sebanyak-banyaknya. Salah satunya adalah dengan melakukan puasa pada awal pertengahan bulan Syaban.

Astronaut Arab Klaim Tak Wajib Puasa Ramadhan Saat di Luar Angkasa

Hukum Puasa Ramadhan bagi Umat Islam dan Golongan Orang yang Boleh Meninggalkan

Dalam Al-Qur’an surat al-Baqarah ayat 183 dijelaskan perintah atau hukum menjalankan ibadah puasa Ramadhan adalah wajib. Hukum puasa Ramadhan bagi umat Islam adalah wajib sesuai surat al-Baqarah ayat 183 sebagaimana tafsir dari Kementerian Agama RI. Dijelaskan hukum puasa Ramadhan bagi umat Islam adalah wajib dilakukan untuk mendidik jiwa, mengendalikan syahwat, dan menyadarkan bahwa manusia memiliki kelebihan dibandingkan hewan.

Barangsiapa yang tidak bisa mendapatkan kebaikannya berarti ia telah benar-benar terhalang atau terjauhkan (dari kebaikan).”

Mengenal Empat Hukum Puasa dalam Islam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Dalam beberapa hari lagi, umat Islam di seluruh penjuru dunia akan menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Selama sebulan penuh, kaum Muslimin akan melaksanakan puasa dan ibadah-ibadah sunah khas Ramadhan. Bahkan, puasa sunah seorang istri yang dilakukan tanpa seizin suaminya pun hukumnya haram. Puasa yang dilakukan seorang perempuan dalam keadaan haid dan nifas juga haram.

Fardhu Kifayah dan Fardhu ‘Ain, Apa Perbedaannya?

Menurut buku ‘Akhlaqul Karimah’ oleh Hamka, Fardhu kifayah adalah tugas kewajiban bersama. Tegasnya, masyarakat berdosa jika tidak seorang juga pun yang memulai mengambil inisiatif untuk mengerjakan amalan tersebut. Artinya: “Barangsiapa yang menyaksikan jenazah sampai ia menyolatkannya, maka baginya satu qiroth. Lalu barangsiapa yang menyaksikan jenazah hingga dimakamkan, maka baginya dua qiroth.”

“Bertakwalah kepada Tuhanmu (Allah), tegakkan shalat lima waktumu, berpuasalah di bulanmu (ramadan), tunaikanlah zakat harta-hartamu, dan taatilah para pemimpinmu, niscaya kalian semua akan masuk ke dalam surga Tuhanmu.”

Hukum Puasa Ramadhan, Ketentuan dan Syarat Wajib

Namun sebelum bahas dasarnya (dalil), puasa dibagi empat macam jika dilihat dari segi hukumnya. Nah, puasa Ramadhan ini adalah puasa wajib yang dikerjakan pada (mencakupi, selama) bulan Ramadhan.Dalil kewajiban puasa pada bulan Ramadhan adalah firman Allah SWT pada surah Al baqarah ayat 183: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”( Al-Baqarah ayat 183)Mengutip laman resmi Bimas Islam Kemenag RI, puasa fardhu Ramadhan dahulu diwajibkan oleh Allah SWT atas ummat Muhammad SAW pada tanggal 10 Ramadhan satu setengah tahun sesudah hijriah. Ketika itu Nabi Muhammad SAW baru saja diperintahkan untuk mengalihkan kiblat dari Baitulmakdis (Yerusalem) ke Ka`bah di Masjidilharam (Mekkah).

11 Jenis Puasa dalam Islam selain Puasa Ramadan

Selain saat Ramadan, umat Islam juga bisa berpuasa pada bulan-bulan atau hari-hari tertentu, lho. Puasa adalah salah satu rukun Islam yang menjadi perayaan tersendiri karena setiap umat Muslim memiliki satu bulan penuh yang didedikasikan untuk menunaikan ibadah ini.

Dengan berpuasa, seseorang akan berusaha untuk menahan emosinya dan berpikiran jernih saat menjalani hari. Puasa berhukumnya wajib terbagi menjadi tiga jenis, simak penjelasannya berikut ini. Perintah melaksanakan ibadah puasa pada bulan suci Ramadan disampaikan dalam Al-Qur’an surat Al-baqarah ayat 183. Bulan Ramadan identik dengan suasana yang tidak didapatkan di bulan-bulan lainnya. Mulai dari suasana sahur maupun buka bersama, tarawih, hingga serunya takbiran di akhir bulan Ramadan dalam rangka menyambut hari lebaran. Ketika hajat itu tercapai, maka wajib hukumnya bagi yang berjanji untuk menunaikan puasanya.

Bagi Muslim yang tidak sanggup membayar puasa nazarnya, ada alternatif untuk membayarnya. Dalam kata lain, puasa ini adalah penebusan atas pelanggaaran yang dilakukan. Sedangkan bagi umat Islam yang sedang berhaji, tidak ada keutamaan untuk puasa pada hari arafah atau tanggal 9 Dzulhijjah. Puasa arafah sendiri mempunyai keistimewaan bagi pelaksananya yaitu akan dihapuskan dosa-dosa pada tahun lalu serta dosa-dosa di tahun yang akan datang (HR.

Istilah tarwiyah sendiri berasal dari kata tarawwa yang berarti membawa bekal air. Hal tersebut karena pada hari itu, para jamaah haji membawa banyak bekal air zam-zam untuk persiapan arafah dan menuju Mina.

Puasa ini dikenal dengan istilah Yaumu Asyura yang artinya hari pada tanggal kesepuluh bulan Muharram. Baca juga: Doa Berbuka Puasa Ramadhan yang Benar serta Artinya

Pada bulan Sya’ban dianjurkan agar umat Islam mencari pahala sebanyak-banyaknya. Salah satunya adalah dengan melakukan puasa pada awal pertengahan bulan Sya’ban sebanyak-banyaknya. Kurban melalui Tokopedia dijamin amanah, mudah dan ternak bebas penyakit.

Written by Albara

Jadilah yang terbaik di mata Allah,
Jadilah yang terburuk di mata sendiri,
Jadilah sederhana di mata manusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Doa Agar Dimudahkan Urusan Kuliah

Doa Agar Muka Sembuh Dari Jerawat