Doa Ketika Bercermin Beserta Artinya

Doa bercermin perlu dibaca sebagai ungkapan syukur pada Allah SWT yang telah membaguskan ciptaanNya. Artinya: “Ya Allah sebagaimana Engkau telah ciptakan aku dengan baik, maka perbaikilah akhlakku.”

Dalam hadits lain, disebutkan Rasulullah SAW juga membaca doa berikut ketika bercermin, Arabnlatin: Alhamdulillahilladzi sawwaa khalqii fa’addalahu wa karrama shurata wajhii fahassanaha waja’alanii minal muslimin. Membaca doa bercermin adalah bagian dari adab yang sebaiknya dilakukan muslim. Adab bercermin dapat dilihat di buku Cantik Itu Sederhana karya Ninik Handrini.

5 Doa Bercermin Latin Nabi Yusuf dan Artinya Sesuai Sunnah

Selain itu juga doa bercermin merupakan ungkapan rasa syukur seorang hamba kepada Allah SWT yang telah memberikan keindahan pada makhluknya. Telah jelas didalm firman Allah yang tertulis diatas bahwa manusia diciptakan dengan sebaik-baiknya, sehingga salah satu cara untuk mensyukurinya adalah berdoa pada saat bercermin.

Adapun doa bercermin yang sering kali dibaca oleh banyak ummat muslim adalah seperti dibawah ini :

Rosulullah SAW juga menyampaikan dalam sebuah hadis terkait doa bercermin dengan memuji Allah yang telah menyempurnakan dan memeperbaiki ciptaan hususnya manusia.

Latin : Alhamdulillahilladzi sawwaa khalqii fa’addalahu wa karrama shurata wajhii fahassanaha waja’alanii minal muslimin. Selain itu doa ini juga dibarengi dengan permohonan ampun terhadap dosa yang ditimbulkan hususnya dari wajah. Jika kaum wanita muslimah ingin merias wajah agar memiliki nilai ibadah dan pahala didalamnya maka sebaiknya membaca doa dibawah ini. Agar kegiatan tersebut mendapatkan berkah dari Allah SWT sehingga wujud rasa syukur akan selalu bertambah. Rosulullah menganjurkan kepada semua ummatnya dalam setiap melakukan aktifitas untuk melafalkan doa minimal Bismillah. Tidak ubahnya pada saat bercermin disunnahkan untuk melafazdkan doa agar selalu mendapatkan berkah dari Allah SWT. Selain itu juga agar bernilai ibadah dan mendapatkan pahala dalam wujud rasa syukur kepada Allah. Karena hal yang berlebihan memang tidak dibolehkan oleh Allah SWT sebagaimana tertulis dalam firman Nya QS Al-Ahzab: 33.

Selanjutnya adalah dengan bercermin maka timbullah wujud rasa syukur kepada Allah SWT yang telah menciptakan tubuh indah mulai dari wajah badan dan lainnya. Jangan sampai ada salah niat pada saat bercermin, sebisa mungkin hanya karena mensyukuri nikmat Allah yang diberikan.

Maka dari itu sebagai manusia pada saat bercermin hususnya jangan bersifat sobong, karena sifat sombong dilarang Allah SWT. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam tulisan baik arab latin dan artinya dari doa bercermin ini, agar kiranya bisa diluruskan bagi yang mengetahuinya.

Doa Bercermin dan Artinya yang Bisa Bunda Ajarkan kepada Si Kecil

Makna dari mengucapkan doa saat bercermin inilah yang sebaiknya Bunda ajarkan kepada Si Kecil sejak dini. Seperti dikutip dari Modul Kumpulan Doa Sehari-hari, terbitan Subdit Publikasi Dakwah dan HBI Direktorat Penerangan Agama Islam Direktorat Jenderal Bimas Islam Kementrian Agama RI tahun 2013, Berikut adalah lafadz doa ketika bercermin beserta pelafalan latin dan artinya, yang sederhana dan mudah dihafalkan, yang bisa Bunda ajarkan kepada Si Kecil:

Artinya: “Ya Allah sebagaimana Engkau telah ciptakan aku dengan baik, maka perbaikilah akhlakku.”

Arab latin: Alhamdulillahilladzi sawwaa khalqii fa’addalahu wa karrama shurata wajhii fahassanaha waja’alanii minal muslimin. Selain mengajarkan bacaan doanya, Bunda juga bisa mengajarkan kepada Si Kecil bahwa membaca doa saat bercermin merupakan bagian dari adab yang sebaiknya dilakukan muslim saat bercermin, Bunda. Berikut adalah adab-adab bercermin yang bisa Bunda pelajari, pahami, dan ajarkan juga kepada Si Kecil seperti dikutip dari buku Cantik Itu Sederhana karya Ninik Handrini.

Doa Bercermin Sesuai Sunnah Rasulullah, Lengkap Arab, Latin, dan Artinya

BANGKAPOS.COM — Sebagai perantara antara manusia dengan Allah SWT, doa menjadi hal penting dan utama untuk dilakukan. Melalui doa, setiap orang pasti menginginkan dirinya bahagia, dosa-dosanya terampuni, dan mendapat keselamatan dunia akhirat. Doa bercermin perlu dibaca sebagai ungkapan syukur pada Allah SWT yang telah membaguskan ciptaanNya. Baca juga: 5 Bacaan Doa Agar Terlihat Cantik dan Bercahaya, Aura Wajah Terpancar Setiap Hari

Bacaan Doa Bercermin dan Keutamaannya

Melafalkan doa bercermin merupakan salah satu bentuk rasa syukur para umat muslim atas karunia yang diberikan oleh Allah SWT. Selain itu, bacaan doa bercermin juga membuat kamu tahu apa saja batasan dalam berpenampilan karena mengingat Allah SWT setiap saat.

Nah, pada artikel kali ini Pinhome akan berbagi apa saja bacaan doa bercermin, lengkap dengan bahasa latin maupun terjemahannya. Artinya: \\\”Segala puji bagi Allah, baguskanlah budi pekertiku sebagaimana Engkau telah membaguskan rupa wajahku.\\\”

Tujuan doa bercermin tidak semata-mata hanya agar kita terlihat cantik atau tampan saja. Doa bercermin akan membuat kita mengingat bahwa Allah SWT telah menciptakan manusia dengan sebaik-baiknya bentuk dan penciptaan.

Allah SWT juga menyukai kerapian yang menjadi awal keindahan sebagaimana sabda Rasulullah SAW berikut ini: Di zaman Nabi SAW, pernah terjadi seorang wanita yang mengadu kepada Rasulullah saw untuk meminta cerai dari suaminya.

Setelah lelaki tersebut memenuhi perintah Nabi, ia dan istrinya diminta datang lagi menghadap Rasulullah SAW.

Wanita tersebut kemudian berkata kepada Nabi SAW bahwa ia mengurungkan niatnya bercerai, karena penampilan suaminya sudah berubah menjadi rapi dan bersih.

Sebagaimana diriwayatkan Abu Daud, bahwasanya Nabi SAW mengingatkan kepada sekelompok umatnya yang hendak berangkat bersamanya dalam suatu perjalanan, beliau berkata: Oleh karenanya, sebagai umat muslim kita sudah seharusnya menjaga penampilan dan kerapian diri.

Sesederhana dengan mulai bercermin untuk mengecek apakah kita sudah tampil rapi dan bersih. Jangan takut jika bercermin membuat Pins merasa sombong karena paras cantik atau tampan kamu miliki. Doa tersebut alangkah baiknya dihafalkan agar kita selalu bersyukur atas pemberian Allah SWT.

Doa Bercermin, Lengkap Arab Latin dan Artinya

Tentu jika ingin menyenangkan suami atau istri, kita juga perlu memperbaiki penampilan di antaranya dengan bantuan cermin. Kendati demikian, doa tersebut Imam An Nawawi cantumkan dalam Al Adzkar. Berikut ini doa bercermin dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan artinya:

Ya Allah, sebagaimana Engkau baguskan tubuhku, maka baguskanlah akhlakku Doa ini bersumber dari hadits shahih riwayat Ibnu Hibban, Al Baihaqi, dan Abu Ya’la. (Alhamdulillaahil ladzii sawwa kholqii fa’addalahu wakarroma shuurota wajhii fahassanahaa wa ja’alanii minal muslimiin)

Segala puji bagi Allah yang menyempurnakan penciptaanku dan menjadikan susunan tubuhku seimbang, memuliakan bentuk wajahku dan memperindahnya serta menjadikanku termasuk golongan kaum muslimin. Dengan kepercayaan diri dan rasa syukur, kita akan lebih mudah bahagia. Dan sungguh kebaikan akhlak ini jauh lebih penting daripada keindahan fisik.

Bacaan Doa Ketika Bercermin Lengkap dengan Artinya

لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ فِي أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ Artinya: “Dan sungguh telah Kami ciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya” ( QS At-Tin : 4 ) Artinya: “Dan sungguh telah Kami ciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya” ( QS At-Tin : 4 ) Artinya: “Segala puji bagi Allah, baguskanlah budi pekertiku sebagaimana Engkau telah membaguskan rupa wajahku” Artinya: “Ya Allah sebagaimana Engkau telah ciptakan aku dengan baik, maka perbaikilah akhlakku”

Written by Albara

Jadilah yang terbaik di mata Allah,
Jadilah yang terburuk di mata sendiri,
Jadilah sederhana di mata manusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bacaan Salam Ketika Ziarah Ke Makam Wali

Doa Agar Cepat Sembuh Saat Sakit