Doa Berlindung Fitnah Dajjal

Tidak ada salahnya bagi muslim untuk senantiasa memohon perlindungan Allah SWT melalui doa terhindar dari fitnah Dajjal. Artinya: “Tidak ada satu pun makhluk sejak Adam diciptakan hingga terjadinya kiamat yang fitnahnya lebih besar dari Dajjal.”

Menurut Syekh Wahbah Az Zuhaili dalam Kitab Fiqhul Islam wa Adillatuhu Jilid 2, ada bacaan doa agar terhindar dari fitnah Dajjal yang dapat disisipkan saat sholat. Tepatnya pada saat tahiyat akhir setelah membaca sholawat nabi dan sebelum salam.

Sementara, ulama mahzab lain memberi kebolehan bacaan doa selain yang ma’tsur. “Boleh saja berdoa dengan doa apa saja yang berkaitan dengan kebaikan dunia dan akhirat, tetapi doa yang ma’tsur lebih afdal,” kata Prof Wahbah Az Zuhaili dalam Kitab Fiqih Islam Wa Adillatuhu Jilid 2. Doa ini ditujukan untuk memohon perlindungan pada Allah SWT dari siksa neraka, azab kubur, bencana, dan fitnah Dajjal. Tidak hanya dua doa yang dibaca pada tahiyat akhir di atas, doa terhindar dari fitnah Dajjal juga merupakan keutamaan bagi para pembaca sepuluh ayat pertama surah Al Kahfi.

Latin: Segala puji bagi Allah yang telah menurunkan Kitab (Al-Qur’an) kepada hamba-Nya dan Dia tidak menjadikannya bengkok; Bacaan latin: qayyimal liyunżira ba`san syadīdam mil ladun-hu wa yubasysyiral-mu`minīnallażīna ya’malụnaṣ-ṣāliḥāti anna lahum ajran ḥasanā

Artinya: Dan untuk memperingatkan kepada orang yang berkata, “Allah mengambil seorang anak.” Bacaan latin: fa la’allaka bākhi’un nafsaka ‘alā āṡārihim il lam yu`minụ bihāżal-ḥadīṡi asafā

Bacaan latin: innā ja’alnā mā ‘alal-arḍi zīnatal lahā linabluwahum ayyuhum aḥsanu ‘amalā Bacaan latin: iż awal-fityatu ilal-kahfi fa qālụ rabbanā ātinā mil ladungka raḥmataw wa hayyi` lanā min amrinā rasyadā Artinya: (Ingatlah) ketika pemuda-pemuda itu berlindung ke dalam gua lalu mereka berdoa, “Ya Tuhan kami. Sebagai penyebar fitnah terbesar di seluruh muka bumi, Dajjal memiliki sejumlah pengikut dalam beberapa kelompok.

Doa Terhindar dari Fitnah Dajjal

Tidak ada seorang Nabi pun kecuali ia mengingatkan tentang dajjal kepada kaumnya. Ketahuilah oleh kalian bahwa dajjal itu adalah buta sebelah matanya, dan Allah tidaklah demikian.” Sebagaimana diceritakan oleh sahabat Hudzaifah dari Uqbah bin Amru dalam hadits riwayat Imam al-Bukhari di Kitab al-Anbiya bab Maa Dzukira ‘An Bani Israil bahwa dajjal memiliki kemahiran dalam hal tipu muslihat.

Dajjal memiliki kemampuan bisa mengubah kebenaran menjadi seolah-olah hal yang bathil, dan juga sebaliknya.

Itulah sebabnya Rasulullah SAW kemudian mengajarkan doa terhindar dari fitnah dajjal, yang sebagaimana disebutkan oleh syekh Wahbah Az Zuhaili bisa dibaca saat Takhiyat Akhir sebelum mengucap salam dalam sholat.

Doa Terhindar dari Fitnah Dajjal: Arab, Latin dan Artinya, Lengkap!

Sonora.ID – Berikut ini akan diulas mengenai doa agar terhindar dari fitnah dajjal beserta surat yang dianjurkan untuk dibaca. Berbeda dengan manusia biasa, dajjal memiliki berbagai kekuatan sehingga akan banyak orang yang menganggapnya sebagai Tuhan.

10 Ayat Surat Al Kahfi Menjadi Penangkal Fitnah Dajjal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA–Dajjal merupakan makhluk pengacau yang akan muncul di akhir zaman. Dengan kesaktianya Dajjal akan membuat fitnah kepada umat manusia akhir zaman. Rasulullah menyarankan umatnya membaca 10 ayat dari surah Al-Kahfi agar tidak terkena fitnah Dajjal.

Ada juga yang menyatakan bahwa pertengahan huruf-huruf Alquran adalah huruf “nun” pada firman-Nya: “laqad ji’ta syai’an nukran” ayat 74.

Sayyid Quthub menggarisbawahi bahwa ‘kisah’ adalah unsur yang terpokok pada surah ini. Sebagian besar dari sisa ayat-ayatnya adalah komentar menyangkut kisah-kisah itu, di samping beberapa ayat yang menggambarkan peristiwa Kiamat.

Pelurusan akidah itu, menurut Sayyid Quthub seperti juga Thabathaba’i, diisyaratkan oleh awal ayat surah ini dan akhirnya.

Inilah 3 Kelemahan Dajjal yang Wajib Anda Ketahui!

Dajjal sebagai makhluk yang membawa malapetaka bagi seluruh umat manusia di akhir zaman kelak, dan telah banyak dijelaskan dalam hadits Rasulullah SAW. “Tidaklah diutus seorang nabi, melainkan dia mengingatkan kaumnya tentang sib uta sebelah sang pendusta. Dijelaskan pula bahwa, Dajjal sendiri memiliki kekuatan yang sangat dahsyat dibandingkan manusia biasanya, ia mampu menjelajahi bumi dalam waktu singkat. Bahkan, ia juga bisa menyebarkan tipu daya fitnah, termasuk menghidupkan orang yang sudah mati. Ketika Dukhan terjadi meteor akan jatuh ke bumi sehingga menyebabkan ledakan yang sangat dahsyat. “apakah kamu belum percaya kepadaku” mukmin itu menjawab “tidak berkurang keyakinanku bahwa engkaulah Dajjal, bahkan aku bertambah yakin”

Baca Doa Ini untuk Berlindung dari Fitnah Dajjal

Tetapi, Rasulullah mengajarkan sebuah doa kepada umat Islam untuk berlindung dari fitnah Dajjal ini. Abu Hurairah RA mengingatkan umat Islam agar membaca doa ini di penghujung sholat, yaitu saat tasyahud akhir sebelum salam.

Written by Albara

Jadilah yang terbaik di mata Allah,
Jadilah yang terburuk di mata sendiri,
Jadilah sederhana di mata manusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Nama Doa Untuk Kedua Orang Tua

Bacaan Shalawat Pembuka Cakra